Pencegahan Pohon Tumbang atau Sempal

Poskopotum, Senin (23/5) - Akhir-akhir ini cuaca kota Jakata kurang bersahabat. Dalam rentan beberapa jam dari cuaca yang cerah dapat berubah menjadi hujan yang disertai angin kencang dan mengakibatkan beberapa pohon yang ada diwilayah Jakarta bertumbangan atau patah dahan (sempal).

Akibat perubahan cuaca tersebut, dalam kurun waktu 1 tahun telah terjadi ratusan pohon di Jakarta tumbang dan sempal. Tindakan dan pencegahan untuk mengurangi bencana tersebut dilakukan pemeliharaan pohon-pohon secara intensive di semua wilayah dengan mengurangi volume tajuk pohon (penopingan/pemangkasan sedang) serta mengurangi ketinggian pohon atau punggal (penopingan/pemangkasan berat).

Upaya pencegahan pun sudah dilakukan namun beberapa pohon diwilayah masih saja ada yang tumbang dan sempal. 80% pohon yang tumbang tersebut rata-rata telah berumur diatas 20 tahun.

Dan upaya pencegahan lainnya adalah sosialisasi pelarangan kepada masyarakat karena masih saja ditemukan batang bawah pohon yang telah berubah menjadi arang dan berlubang akibat pembakaran sampah yang dilakukan oleh warga sehingga kekuatan pohon itu pun akan berkurang untuk dapat manahan beban volume tajuknya terutama pada saat hujan dan suatu saat pohon itu pun akan mati atau tumbang. (R/r)