Jakarta Bangun Taman Terpadu untuk Wujudkan Kota Ramah Anak

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta secara bertahap akan meresmikan empat Taman Terpadu Ramah Anak (TTRA) mulai Rabu (13/5) mendatang.

Peresmian empat TTRA tersebut merupakan langkah awal dari Pemprov DKI Jakarta yang akan membangun enam taman terpadu pada tahun ini. TTRA dibangun agar tujuan Jakarta untuk menjadi Kota Ramah Anak dapat tercapai sesegera mungkin.

"Pembangunan TTRA diarahkan untuk mencapai target Jakarta Ramah Anak. Dari enam TTRA yang direncanakan, ada empat taman yang akan diresmikan pada Mei dan awal Juni,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) DKI Jakarta Dien Emmawati di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (8/5).

Nantinya, keenam TTRA tersebut akan berada di daerah Sungai Bambu, Jakarta Utara; Gandaria Selatan, Jakarta Selatan; Cideng, Jakarta Pusat; Cililitan, Jakarta Timur; Kembangan, Jakarta Barat dan Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu.

Berbagai kegiatan yang berkaitan dengan anak akan sering diadakan di enam TTRA tersebut. Pembukaan posyandu, sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan pelatihan kader PKK menjadi contoh kegiatan yang akan diselenggarakan di TTRA.

Pemprov DKI Jakarta tidak akan berdiri sendiri dalam mengelola TTRA kedepannya. Setidaknya ada sembilan mitra swasta yang telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPMPKB DKI dan Tim Penggerak PKK untuk membantu pengelolaan TTRA di Jakarta sampai saat ini.

Dien berharap pendirian TTRA di ibu kota dapat membuat ruang bermain dan berinteraksi anak-anak yang tinggal di Jakarta berkembang lebih luas lagi.

"Diharapkan di taman ini, anak-anak dapat menikmati bebasnya bermain di udara terbuka. Itu juga memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk mengeksplorasi dunia mereka bersama teman-teman,” kata Dien. (sur)

sumber

http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150509010304-20-52207/jakarta-bangun-taman-terpadu-untuk-wujudkan-kota-ramah-anak/