Jakarnaval 2015 Kembali Meriahkan Ibu Kota


Tidak terasa sebentar lagi Jakarta akan kembali bertambah usia. Menyambut hari bahagia yang jatuh pada 22 Juni 2015 mendatang, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta kembali menggelar Jakarnaval, hari ini, Minggu (7/6). 

Menandai resmi dimulainya Jakarnaval 2015, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hadir di Plaza Timur Monas yang menjadi titik awal karnaval. Ahok hadir memberi sambutan dan melepas rombongan karnaval. Seremonial pelepasan rombongan karnaval ditandai dengan pemukulan snare drum oleh Ahok. 

Tidak ketinggalan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta juga turut hadir dan membacakan laporan kegiatan Jakarnaval 2015. “Pelaksanaan Jakarnaval 2015 ini adalah bentuk perayaan HUT DKI Jakarta, tetapi pelaksanaannya memang dimajukan mengingat sebentar lagi kita akan menyambut Ramadhan. Tema yang dipilih kali ini mencoba menggambarkan betapa kaya dan berwarnanya Jakarta tetapi tetap satu. Jakarta bukan cuma milik etnis Betawi tetapi semua yang hidup di Jakarta harus peduli, mencintai dan menjaga Jakarta,” ujarnya

Sebagai lambang usia DKI Jakarta yang sesaat lagi akan genap menjadi 488 tahun, sebanyak 488 komunitas dan kelompok dihadirkan. Mereka adalah komunitas Cosplay Original Wayang Indonesia, AKARI, seniman barongsai dan liong, komunitas ondel-ondel, komunitas dari setiap etnis yang tinggal di DKI Jakarta dan seniman-seniman street art lainnya. Pasukan Bala Krama DKI Jakarta yang merupakan punggawa keamanan DKI Jakarta juga ikut serta 

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pawai Akbar Mobil Hias. Sebagian mobil berhias dengan bentuk rumah adat khas Betawi, sebagian lagi mengambil pola-pola etnik yang ada di Jakarta. Parade mobil hias akan berlangsung di sepanjang rute Plaza Timur Monas – Jalan Medan Merdeka Utara – Jalan Medan Merdeka Barat. Mobil hias kemudian melanjutkan parade ke Jl. MH. Thamrin dan Bundaran HI sementara 488 komunitas street art mengakhiri paradenya di Silang Barat Daya Monas. 

Dinas Pertamanan dan Pemakaman menjadi Juara 1 Lomba Mobil Hias Jakarnaval 2015