TPU di Jakarta Barat akan Ditata

Areal TPU Kapuk terletak di pemukiman padat penduduk seluas 1,2 hektare terbagi menjadi dua lokasi dengan jarak yang berdekatan. Di sekitar makam banyak sampah bertebaran. Bahkan, kerapkali ditemukan kotoran manusia yang terbungkus di dalam plastik berada di dalam areal makam.

"Saya pernah ke lokasi TPU Kapuk yang memang kondisinya terlihat kotor. Saya juga sudah menegur pengawas dan meminta mereka untuk tetap membersihkan agar makam terlihat bersih, rapi dan indah," ujar Kasudin Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Barat, Christian TH, Rabu (7/10).

Dikatakan Christian, pihaknya juga menghadapi kendala yakni rendahnya kesadaran masyarakat di sekitar TPU Kapuk yang kerap membuang sampah ke dalam areal pemakaman.

"Petugas TPU Kapuk bersama pengurus RT maupun RW setempat juga sudah menyosialisasikan dan mengimbau warga tidak membuang sampah sembarangan terlebih ke dalam areal makam. Tapi, ya masih saja membandel," katanya.

Ke depan, lanjut Christian, pihaknya telah menyiapkan program pembangunan pagar pembatas di sekeliling TPU Kapuk pada tahun 2016. Pembangunan pagar keliling di sejumlah TPU yang tersebar di Ibukota juga telah mendapatkan dukungan dari Badan Anggaran DPRD DKI Jakarta.

"Banggar sudah mengingatkan kepada dinas maupun suku dinas pertamanan dan pemakaman untuk memprirotiaskan pembenahan seluruh TPU agar kesan angker, kumuh, kotor dan seram hilang. Jadi, tahun 2016, kami akan renovasi seluruh TPU di Jakarta Barat," tandasnya.

TPU Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat